Kemahasiswaan

Prestasi Prodi PAI

Organisasi Kemahasiswaan

Prodi PAI UNSIKA mempunyai Himpunan Mahasiswa yang bernama HIMA PAI yang aktif mengadakan kegiatan untuk mengembangkan softskill dan selaras memajukan Prodi PAI  Unsika. Beberapa Kegiatan HIMA PAI yang mendukung pengembangan akademik dan Non Akademik prodi PAI antara lain :

  1. Rabu Kreatif dan Rabu Batik
  2. Kamis Senam Ceria
  3. Keputrian (Kajian Muslimah)
  4. Outbond dan Meet Up
  5. Studi Banding
  6. Pentas Seni (Pensi) 
  7. Kajian Rutin
  8. Pelatihan Keterampilan

Layanan kepada Mahasiswa

Kegiatan-kegiatan bimbingan konseling kepada mahasiswa yang akan diberikan dalam bentuk

1. Layanan dosen Pembimbing Akademik

Prosesnya :

Layanan ini dilakukan oleh setiap dosen pembimbing akademik kepada mahasiswa pada jam kerja yakni untuk membahas berbagai persoalan yang dihadapi oleh mahasiswa yang tidak hanya permasalahan yang berkaitan dengan perkuliahan/ akademik tetapi permasalahan lainnya yang menyangkut pribadi. Apabila tidak diketemukan solusi yang tepat untuk memecahkan persoalan, maka persoalan dapat dilimpahkan kepada ketua program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) untuk diselesaikan atau didistribusikan kepada pihak yang berkompeten untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Hasilnya :

  • Mahasiswa yakin dalam memilih matakuliah dan beban studi yang akan ditempuh.
  • Permasalahan akademik yang dimiliki mahasiswa dapat terselesaikan.
  • Mahasiswa juga dapat menyelesaikan studinya tepat waktu dengan prestasi akademik memuaskan.
  • Memiliki motivasi internal dan kepercayaan diri menghadapi dunia kerja.

2. Konseling.

Prosesnya :

Mahasiswa yang akan berkonsultasi dapat langsung menghubungi dosen yang bersangkutan. Konseling ini membantu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh mahasiswa Persoalan yang diselesaikan tidak hanya menyangkut aspek akademik, tetapi semua persoalan yang menjadi penghambat perkembangan studi mahasiswa, baik itu sosial, ekonomi, emosi/perasaan yang dialami oleh mahasiswa.

Hasilnya :

  • Permasalahan yang berkaitan dengan non Akademis dapat
  • Mahasiswa dapat kembali melaksanakan berbagai kegiatan akademik dengan lancar, tanpa ada
  • Interaksi sosial dan berbagai aktifitas lainnya juga dapat berjalan dengan baik

 

Untuk mengembangkan soft skill sekaligus mengembangkan bakat dan minat mahasiswa, disediakan Unit-unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) sebagai sarana penggalian dan pengembangan bakat mahasiswa. Adapun UKM-UKM yang ada adalah :
a. MAPALASKA
Mahasiswa Pecinta Alam UNSIKA atau lebih akrab disebut dengan MAPALASKA menjadi sarana bagi mahasiswa FAI Unsika yang ingin menekuni bidang petualangan alam. Kegiatan yang dilakukan UKM ini antara lain, penghijauan, arung jeram, mountenering, bakti sosial. Sementara guna mendukung berbagai kegiatan tersebut juga dilakukan berbagai kegiatan kepelatihan yang dapat menunjang kegiatan MAPALASKA.

b. PRAMUKA RACANA UNSIKA
UKM Pramuka RACANA Unsika mempunyai tujuan untuk mewadahi mahasiswa agar semangat memperkuat solidaritas, membentuk karakter yang kuat dan berjiwa sosial, dan melahirkan generasi yang kuat secara mental dan rohani. Kegiatan RACANA Unsika lebih menekankan kegiatan yang bersifat gotong-royong, pengorbaban bagi sesama yang lebih memerlukan, dan penanaman jiwa kepemimpinan untuk kemajuan bersama.

c. FKDK UNSIKA
Forum Komunikasi Dakwah Kampus (FKDK) merupakan UKM yang bergerak dibidang Dakwah Islam mempunyai visi Menjadi Unsur Perubah menuju terciptanya masyarakat kampus dan sekitarnya yang berpegang teguh pada nilai-nilai Al Qur’an dan As-Sunnah pada tahun 2020. Wadah bagi mahasiswa Unsika untuk berbagi ilmu, mengupgrade diri serta berbagai kegiatan – kegiatan sosial lainnya.

d. LPM UNSIKA
Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) mewadahi mahasiswa yang ingin menggeluti bidang jurnalistik. Kegiatan yang dilakukan UKM ini tidak hanya pelatihan jurnalistik bagi para mahasiswa tetapi juga penerbitan buletin digital LPM Unsika bentuk kepedulian perkembangan informasi seputar lingkungan kampus unsika.

e. TEATER GABUNG UNSIKA
Unit Kegiatan Mahasiswa TEATER GABUNG Universitas Singaperbangsa Karawang telah memiliki angkatan I sampai angkatan XIII dengan status anggota muda, anggota biasa dan anggota luar biasa. Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Gabung Universitas Singaperbangsa Karawang yang kini berusia 12 tahun sebagai organisasi di bidang seni berupaya untuk terus menampilkan karya seni dengan mengangkat kisah- kisah yang terjadi khususnya di negeri ini.

f. UKO UNSIKA
Unit Kegiatan Olahraga Unsika mewadahi mahasiswa dalam bidang olahraga. Mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat dalam hal olahraga seperti futsal, bola basket dan voli. Dalam UKM ini menyediakan beasiswa/ bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang berprestasi dibidang Olahraga

g. ULCC UNSIKA
Unsika Language Culture Club merupakan sarana bagi mahasiswa unsika yang berminat mendalami bahasa, budaya, debat, spelling, Scrabble, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya Atau sarana untuk berbagi ilmu dan bakat dalam bidang bahasa dan kebudayaan. ULCC tidak hanya mengembangkan bahasa inggris saja namun, bahasa daerah sunda, jawa dan yang lainnya banyak di explore dalam UKM ini.

h. ROBOTIC UNSIKA
UKM Robotic Unsika merupakan sarana bagi mahasiswa yang mempunyai hobi dalam bidang merakit, merancang dan mempunyai ketertarikan dibidang Robotic. UKM ini banyak mengadakan kegiatan dan workshop yang berhubungan dengan IT.

i. MENWA UNSIKA
UKM Menwa (Resimen Mahasiswa) adalah unit kegiatan mahasiswa dengan sistem semi-militer. UKM ini bertujuan menumbuhkan jiwa patriot dan kecintaan terhadap tanah air melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat bela negara di universitas.

Pembinaan soft skill mahasiswa dilakukan melalui beberapa kegiatan, yaitu :
1) Pemberlakuan aturan – aturan yang harus dipatuhi oleh mahasiswa.

Prosesnya :
Pemberlakukan aturan mahasiswa diawali dengan sosialisasi peraturan kepada mahasiswa oleh Dekan, Kaprodi, dosen, karyawan melalui berbagai forum yang memungkinkan. Setelah peraturan mahasiswa diberlakukan, maka semua pihak turut berpartisipasi dalam mensukseskan pemberlakuan kode etik tersebut.
    Hasilnya :
Akhlaq mahasiswa lebih terkontrol, tidak terjadi pelanggaran- pelanggaran moral yang serius. Performa mahasiswa dapat dikendalikan sesuai dengan yang diharapkan, yaitu performa guru pendidikan islam anak usia dini (RA, TK, PAUD).

2) Pembinaan mahasiswa melalui kegiatan Pesantren UNSIKA yang dilaksanakan setiap hari Sabtu waktu nya Ba’da Ashar.

Prosesnya :
Kegiatan Pesantren UNSIKA merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Agama Islam semester 1 dan 2. Dalam kegiatan ini materinya berkisar tentang pembinaan akhlaq, BTQ dan praktek – praktek ibadah lainnya.

Hasilnya :
Selain mendapatkan ilmu tetapi juga pengalaman yang menunjang materi perkuliahan dan untuk digunakan dalam praktek sehari – hari.
a. Kegiatan Keputrian “Kajian Wanita Muslimah Masa Kini” setiap Ahad 09.00 – 11.00 oleh Himpunan Mahasiswa PIAUD.
Prosesnya :
Mahasiswa PIAUD diwajibkan untuk mengikuti kegiatan keputrian ini, namun tidak menutup kemungkinan juga diikuti oleh mahasiswa pada program studi lainnya di lingkungan UNSIKA. Mahasiswa tidak dipungut biaya untuk kegiatan ini, tetapi mahasiswa pada prodi lain dikenakan biaya infaq. Kegiatan ini diisi dengan ceramah seputar kajian muslimah yang dibawakan oleh Dosen – dosen Fakultas Agama Islam
Hasilnya :
Setelah mahasiswa mengikuti kegiatan Keputrian, mahasiswa lebih termotivasi dalam kegiatan di lingkungan kampus, silaturahmi antar mahasiswa PIAUD di setiap angkatan dapat terjalin dan dapat berbagi ilmu dan pengalaman seputar permasalahan wanita.
 b. Rabu Kreatif
Bagian dari kegiatan pengembangan softskill dan kompetensi mahasiswa PIAUD yang dilaksanakan setiap hari Rabu dibimbing oleh dosen (Dewi Siti Aisyah) /tutor sebaya.
 Prosesnya :
Dalam kegiatan ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk berkreasi dengan menggunakan media-media diantaranya barang bekas yang dapat dipakai untuk membuat APE (Alat permainan Edukatif) yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di PAUD.
Hasilnya :
1. Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori media pembelajaran anak usia dini melalui kegiatan rabu kreatif.
2. Mahasiswa menjadi lebih kreatif dalam membuat berbagai media pembelajaran di PAUD.
3. Membuka peluang usaha dari media yang telah dibuat dengan memasarkan melalui sosial media.

Berbagai beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Beasiswa diberikan kepada mahasiswa dengan sumber :

Beasiswa Bank LIPPO
Beasiswa Bank LIPPO adalah beasiswa prestasi yang diberikan kepada mahasiswa UNSIKA Oleh Bank LIPPO. Mahasiswa di seleksi sesuai dengan persyaratan dari masing – masing Fakultas seperti :

  • Prioritas mahasiswa semester 4
  • memiliki nilai IPK > 3,5 dan hafal JUZ Ke 30.

Dari hasil seleksi tersebut, 2 (dua) Mahasiswa Prodi PIAUD mendapatkan beasiswa dari Bank LIPPO yaitu :

  • Aghes Gestania (NPM : 1610631130001).
  • Nida Hazidah (NPM : 1610631130008).
  1. Pemberian layanan kesehatan berupa pengobatan di Klinik Kesehatan UNSIKA bagi seluruh mahasiswa unsika dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  2. Pemberian dana kesejahteraan mahasiswa bagi yang meninggal dunia baik karena sakit maupun
  3. BPJS Kesehatan bagi Dosen dan Karyawan UNSIKA
  4. Poliklinik